Selasa, 27 Oktober 2009

penyerapan program ekonomi belum maksimal

SRB 23 Oktober 2009

proram PNPM Mandiri merupakan program dari pemerintah pusat yang diimplementasikan didaerah. yang terdiri dari P2KP, PPK dan P3DT. program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. yang mana sasaran dari program ini adalah warga miskin, dengan menggunakan sarana fisik, ekonomi dan sosial sebagai stimulan saja.

namun masih banyak pemahaman masyarakat, bahwa program - program yang sudah digulirkan tersebut adalah program untuk membantu mereka secara fisik, baik berupa jalan, saluran, maupun sarana yang lain.

sebenarnya apabila masyarakat jeli dalam melihat program tersebut, ternyata banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. salah satunya program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP). ini hanya salah satu sarana untuk memperkuat ekonomi keluarga yang dilaksanakan oleh perempuan.

seperti diutarakan oleh Suratmi, seorang ibu rumah tangga di kampung Wukirosari, Kel. Pulisen, Boyolali. ketika beliau diwawancarai SRB FM  mengutarakan bahwasannya belum pernah ada sosialisasi tentang program pinjaman bagi perempuan yang ada di P2KP. yang dia tahu saat ini hanya pinjaman dari kelurahan. padahal menurut dia, uang pinjaman SPKP tersebut bisa digunakan untuk menambah modal usahanya. 

yang berkaitan dengan program P2KP yang ada saat ini yang mereka tahu baru sebatas ada pinjaman dari kalurahan kepada Ibu-ibu pedagang kecil, nah program fisik seharusnya juga diimbangi dengan program ekonomi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar