Kamis, 22 Oktober 2009

serangan hama merambah ketanaman lain

22/10/09. Seperti diberitakan beberapa waktu yang lalu, setelah tanaman pepaya yang diserang hama yang berwarna putih. saat ini serangan hama mulai meluas ke tanaman lain. seperti diungkapkan salah seorang petani, Wiyono. bahwa saat ini serangan hama sudah mulai merusak tanaman singkong miliknya yang sudah berumur 2 bulan. "serangan hama ini sudah berlangsung selama dua minggu, dan sudah merusak hampir dua pertiga ladang saya"  lanjutnya.

Dari pantauan SRB, ternyata bukan hanya tanaman milik Wiyono saja yang diserang hama. tapi serangan hama ini juga sudah merusak ladang pepaya dan singkong di sekitar ladang milik Wiyono. seperti Wiyono, Sardi juga mengalami hal yang sama. " sebenarnya saya sudah berusaha mencegahnya mas, dengan cara menyemprotkan petisida dan mencoba mbrongot (membakar-red) hama yang sudah menempel." ujarnya.

"tapi sia-sia mas, setelah hama itu hilang. selang dua hari tanaman singkong saya sudah di tempeli lagi" lanjutnya. memang serangan hama ini pada mulanya merusak daun, kemudian setelah daun tersebut kering hama akan berpindah ke batang pohon. tidak seperti tanaman pepaya yang langsung merusak buahnya, saat ini baik Wiyono maupun Sardi belum pernah mencoba melihat hasil singkong yang sudah diserang hama, mereka berdua belum mengetahui apakah buah singkongnya tetap sehat ataukah akan rusak.

diakhir pembicaraan Sardi menambahkan agar instansi terkait segera membantu para petani, supaya hasil pertanian bisa mendapatkan hasil yang baik. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar